7 Tips Jitu Agar Umrah Makin Khusyu dan Nyaman

Kategori : Umrah, Tips, Ditulis pada : 19 Maret 2024, 11:58:58

Ibadah umrah adalah ibadah yang memerlukan waktu, tenaga, pikiran dan biaya yang cukup banyak. Meskipun tidak serumit ibadah haji, namun Anda harus tetap mempersiapkan diri supaya umrah Anda jadi lebih khusyu’ dan nyaman.

Utamanya buat Anda yang baru pertama kali melaksanakan ibadah umrah, tentu harus membekali diri dengan ilmu & pengetahuan seputar ibadah yang hanya dapat dilakukan di tanah (suci|suci ini)). Jika perlu, bertanyalah kepada sanak saudara maupun rekan yang sudah pernah menunaikan umrah sehingga lebih banyak pengalaman yang dapat Anda peroleh.

pexels-mddl-mn-13311029.jpg

Foto oleh M1DDL3 M7N: https://www.pexels.com/id-id/foto/pria-botak-arab-saudi-mekah-13311029/

Ada dua hal yang harus Anda persiapkan. Pertama persiapan ruhani, kedua persiapan fisik atau jasmani. Keduanya sangat penting agar ibadah umrah Anda berjalan lancar. Langsung saja kita simak 7 tips penting agar umrah makin khusyu & nyaman berikut ini.

  • Niat yang Lurus

Niat merupakan hal utama dan pertama yang harus diluruskan sebelum ibadah umrah. Kita bisa saja berumrah setiap tahunnya, namun jika tak mempunyai niat yang lurus, ibadah kita tidak akan bernilai apa-apa. Selalu siapkan niat yang lurus agar ibadah Anda tak sia-sia, niat ikhlas beribadah kepada Allah taala tanpa mengharapkan pujian dari orang lain, serta rela mengeluarkan sebagian harta, mengorbankan waktu & tenaga untuk beribadah ke tanah suci.

  • Jauhi Sikap Sombong & Ingin Pamer

Jika Anda telah meluruskan niat, maka selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menjauhi sikap sombong serta ingin pamer saat melaksanakan ibadah umrah. Perasaan ingin dilihat orang atas ibadah kita dapat membuat hati kita tidak tenang karena memunculkan rasa ingin diketahui setiap apa yang kita kerjakan. Contohnya saja dengan merekam dan mengunggah video atau foto saat kita sedang umrah. 

Jika dilakukan secukupnya tanpa maksud sombong tidak mengapa. Namun jika sudah ada benih-benih kesombongan dalam hati kita saat membagikan dokumentasi tersebut, maka ibadah kita akan terganggu dan rusak pahalanya sebab riya’ akan membakar pahala amal ibadah yang telah kita kerjakan.

  • Membuat Planning Ibadah

Yang tidak penting sebelum melaksanakan ibadah umrah adalah membuat rencana apa saja ibadah yang akan dikerjakan selama di tanah suci. Pastinya rukun umrah harus kita kuasai, termasuk doa yang akan kita lafalkan sebaiknya kita hafalkan dan baca berulang-ulang sebelum berangkat supaya lidah kita terbiasa mengucapkannya saat umrah.

Membuat daftar ibadah wajib dan sunnah yang ingin dikerjakan selama umrah di tanah suci membantu kita untuk tidak menghabiskan waktu untuk kegiatan lain yang kurang ada manfaatnya seperti window shopping, melamun, ghibah, bahkan melewatkan waktu kosong tanpa ibadah & sebagainya.

  • Mengusahakan Kesehatan Fisik

Umrah adalah ibadah yang membutuhkan kekuatan fisik untuk mengerjakannya. Ibadah umrah yang terdiri dari ihram, thawaf, sai, serta tahallul butuh persiapan fisik yang sehat & kuat. Terutama untuk thawaf & sai, kekuatan fisik sangat dibutuhkan supaya kita bisa maksimal dalam umrah.

Mulai berolahraga untuk menjaga kesehatan tubuh, konsumsi makanan yang sehat, perbanyak minum air putih, menambah suplemen atau vitamin, serta menjauhi rokok & alkohol karena bisa merusak kesehatan tubuh. Hindari begadang & kebiasaan buruk lain yang dapat merugikan kesehatan fisik Anda menjelang pelaksanaan umrah.

  • Atur Perlengkapan Agar Memudahkan

Membawa perlengkapan diperlukan untuk menunjang aktivitas ibadah umrah di baitullah. Biasanya, travel akan merekomendasikan barang perlengkapan yang harus Anda bawa selama umrah. Namun, Anda juga dapat melengkapi daftar barang bawaan Anda karena setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda.

Prinsipnya, bawalah barang secukupnya. Bawa barang penunjang yang bisa memudahkan Anda beribadah. Jangan membawa terlalu banyak barang yang tak diperlukan karena malah akan menambah beban perjalanan Anda di sana. Barang yang sekiranya bisa Anda temukan di tanah suci, sebaiknya tidak Anda bawa dalam jumlah berlebihan dari Indonesia.

  • Persiapkan Finansial Secara Matang

Seperti yang sudah kita ketahui, umrah membutuhkan biaya yang tak sedikit. Untuk memperoleh pelayanan yang maksimal, pilihlah umrah yang tarifnya tak terlalu mahal, namun juga tidak terlalu murah agar perjalanan Anda lebih nyaman. Siapkan tabungan umrah, bukan hanya untuk membayar biaya travel, namun juga untuk uang saku dan dukungan finansial bagi keluarga yang ditinggalkan. Menyiapkan budget khusus oleh-oleh juga perlu, jika Anda ingin berbagi setelah pulang berumrah.

  • Jangan Sungkan Menolak Permintaan

Saat umrah, mungkin ada saja orang lain yang meminta Anda melakukan sesuatu. Misalnya, membantunya untuk mengurus sesuatu, meminjam uang, atau dari kerabat ada yang minta dibelikan oleh-oleh tertentu (menitip beli barang).

Membantu sesama memang mulia, namun jangan lupa bahwa tujuan utama Anda ke tanah suci adalah untuk berumrah, serta melakukan ibadah lain untuk meraup pahala yang berlimpah saat di Masjidil Haram maupun Masjid Nabawi. Jika permintaan orang lain terus Anda penuhi, maka Anda akan kehilangan banyak waktu sehingga Anda akan mengalami kesibukan yang tiada habisnya.

Bijaklah dalam bersikap & jangan ragu atau sungkan berkata tidak, sehingga Anda dapat melakukan ibadah dengan lebih khusyu dan nyaman.

Itulah 7 tips yang dapat Anda terapkan agar ibadah umrah Anda mabrur. Semoga dengan berbagai persiapan yang matang bisa menjadikan ibadah Anda di tanah suci makin lancar. Selamat mencoba!

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id